Mengungkap Rahasia Rambut..

Hufhhh…kulit udah item lagi nih…*mang dari dulu udah item deh kayanya,,hehhe..Akhirnya impian saya terkabul juga..makasih ya Allah..saya pergi juga ke Pulau Rambut..pulau yang tak berpenghuni dan cuma ada satwa” seperti komodo, burung” dan lain”..pulau ini sebenarnya adalah tempat konservasi burung” laut..seperti burung pecuk padi dkk..Bukan hanya burung yang berada disana, tetapi pohon” langka juga banyak disana…*yaeyalaaahhh..secara hutan gt lohh…! heheh..Nih gambarnya..Pulau rambut

Kali ini tujuan saya kesana bukan untuk jalan”…walaupun sebenrnya ujung”nya jalan”…saya bersama dengan temen” fikom (lagi) ingin membuat sebuah film dokumenter untuk tugas akhir mata kuliah Feature dan Doukumenter TV. Awalnya kita mw ngangkat film tentang  human example, tapi ternyata udah banyak yang ambil jenis itu. Lagian juha dosen saya Pak Rocky Prasetyo Jati S.PT..*halahhh..lengkap bgt! hehe..sudah mengharamkan tema film yang berbau anak jalanan, autis dan sejenisnya. Ywda akhirnya kami memutuskan untuk membuat film ini jenis laporan perjalanan. Waktu itu ini adalah observasi kelompok pertama saya dan yang pertama juga buat saya pergi ke pulau Rambut. Sabtu siang kami berangkat dari metropolis dan kemudian konvoi 3 motor menuju ke tanjung pasir. Di tanjung pasir tidak banyak berubah, masih sama dengan apa yang saya ceritakan di blog saya pada segmen ‘Oh..Untung Jawa’. Hanya saja sekarang Tanjung Pasir sudah abrasi dibagian paling ujung pantai tersebut, waktu saya kesana tepatnya bulan Maret klo tdk salah, rumah” penduduk disekitar banyak yang dibongkar untuk dipindahkan ketempat yang lebih tenang.

Akhirnya seperti biasa, kami pun negosiasi dengan nelayan untuk meminta jasa nya menyebrangi kami ke pulau. Setelah negosiasi berjalan, kami pun sepakat untuk membayar Rp. 150.000,-/6 orang utuk menyambangi 2 pulau sekaligus, pulau untung jawa dan pulau rambut. Berarti setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000,- untuk menikmati suatu karya Tuhan yang Maha Agung..Worthy lah..Setelah sampai di pulau untung jawa, kami pun mengelilingi sebagian pulau tersebut. Ternyata di pulau untung jawa banyak sekali mangrove yang sedang ditanam untuk mencegah abrasi.

berdiri di hutan bakau Setelah  dari untung jawa untuk makan siang,,,*iyalah mw makan siang di pulau rambut mana bisa,,heheh,,ga ada penghuninya gt..kemudian kami berangkat ke pulau rambut dengan beberapa orang lainnya. Setelah perjalanan kurang lebih 10 menit dari pulau untung jawa, sampailah kita dipenghujung acara…*looohhh..bukaaan…bukannn..

sampai juga kita dipulau rambut. Dermaga pulau itu sudah rapuh, terbuat dari kayu yang sudah tidak meyakinkan aman..heheh..setelah menginjakan kaki dipulau tersebut, ternyata terdapat 4 rumah dinas yang disediakan Balai Konservasi Sumber Daya Alam untuk observer yang ingin meneliti dan bermalam di pulau ini. Untuk mendapatkan ‘akses’ lebih di pulau ini, kita harus mendapatkan surat ijin ke BKSDA, jika tidak kita akan dikenakan cash sebesar Rp. 5000,-/orang. Karna tujuan kami untuk obeservasi, maka kami pun akan mengajukan surat ijin untuk membuat film di pulau ini. Oiya tema film kami adalah Pelesatarian Hutan dengan human example nya adalah seorang koordinator pulau rambut. Setelah kita membayar uang masuk, kita pun diantar oleh seorang guide kedalam hutan yang tidak lain adalah tempat konservasi unggas. Bau amis dan *maaf..bau kotoran unggas menyambut kita ketika kita memasuki pulau tak berpenghuni itu. Didalam pulau rambut itu terdapat sebuah menara untuk mengamati burung”..Subhanallah..saya bener” speechless ketika berada diatas menara yang tingginya sekitar 15M. Sungguh indah pemandangannya,,nyesel bgt klo ga mw naik ke menara itu..

menara pulau rambut Ini foto waktu saya sedang menikmati indahnya panorama alam lahan basah yang memukau. Burung” yang berwarna putih membuat semua penat saya hilang begitu saja..Waktu itu saya sangat penasaran sekali dengan pulau ini, saya selalu bertanya” dalam hati..mengapa dari sekian banyak pulau yang terletak di kepulauan seribu pulau rambut dijadikan tempat konservasi burung, apa istimewanya?? saya bingung sekali, akhirnya setelah sampai dirumah say apun melakukan ritual saya,,yaitu bertanya kepada mbah Google..heheh…ternyata burung” itu sendirilah yang bermigrasi di pulau bekas tempat Belanda doeloe..Tetapi masih ada lg yang saya bingung, kenapa burung” itu memilih pulau rambut sebagai tempat migrasinya?? kenapa ga pulau Bokor yang berada disebelah pulau rambut??Itu masih menjadi pertanyaan saya sampai saat ini, ada yang tau?? hehehe…

mendung

Nah foto ini waktu itu..cuaca sedang mendung dan kayanya mw turun hujan gede dan ternyata mang bener..cuma 20menit kita berada diatas menara itu, 20menit memberikan sejuta pesona ala pulau rambut sore itu..indah ya..oiya ternyata di hutan lahan basah seperti pulau rambut ini ada jg loh pohon pepaya..ahahah…sayangnya ga saya foto waktu itu..tp pepaya yg tumbuh disana pepaya kerdil alias ga bisa tumbuh besar..kasian..heheh…Oia, mw lyat perjalanannya kaya gimana…take a look..

tengah laut Bagus yak..biru bgt.tp jangan salah lohh..banyak bgt sampah yg ngambang dilaut ini…parah bgt deh,,kayanya sih sampah dr jakarta tuh..soalnya arahnya dari pantai marina ancol. Saya sampe terheran” melihat batang pisang mengambang di tengah laut..yang aneh lg ada botol susu anak yg ikut meramaikan pencemaran lingkungan..ckkk…ckk…klo say ajd duta lingkungan hidup..*jiieeeeeee…ngarep mode on..sekalian promosi*..saya akan memberikan para wisatawan yang sedang berkunjung sebuah jaring plastik, jadi mereka memungut sampah yang berada dilaut. Siapa yang paling banyak mengumpulkan sampah akan mendapatkan award berupa pin dari kepulauan seribu yg bertuliskan penghargaan kepada siapa…pasti orang akan lebih apreciate akan hal itu. Waahhh..sayang saya hanya seorang calon news anchor dan reporter..hehehe…*amieennn…

IMG_0490

Waahhh…gara” sering mengunjungi hutan lahan basah..saya jd makin cinta sama pantai..saya jadi lebih peduli lingkungan dan sekarang saya adalah salah satu anggota LSM hutan lahan basah loohh…i love beach not ‘bitch’…hehehe,,,spell nya sama yak! ahahah,,,hufhh..

Whatever you do..wherever you are..whenever you do..keep our nation from global warming..SAVE OUR NATION,,

IMG_0493

5 thoughts on “Mengungkap Rahasia Rambut..

Leave a Reply

