Makassar Trip

Holla..!

Setelah hampir 1 tahun vacum nge-blog, akhirnya aku kangen juga dengan kegiatan menulis ini. Maklum lah, kalau dipikir-pikir aku ini perempuan yang sok sibuk berkarir dan kuliah. Kerja di perusahaan media sambil melanjutkan pendidikan Master membuat aku harus mengalah untuk bersenang-senang even itu untuk menulis di blog!

Oke, kali ini aku mau share tentang trip ke Makassar beberapa bulan lalu tepatnya 24 – 28 April 2013. Trip ini merupakan hadiah ulang tahun sebenarnya dari salah satu teman kuliahku, Ikram. Awal mulanya, waktu aku berulang tahun 22 November 2012 lalu. Ikram memberikan aku hadiah berupa sketsa wajahku dengan penampilah baru (berhijab) dengan frame yang elegant dan ada 2 lembar kertas print out dibelakang sketsa tersebut. Waktu itu dia menitipkan hadiah ulang tahunku kepada salah satu temanku juga. Dan setelah aku baca kertas itu, ternyata itu adalah tiket pesawat jakarta-makassar-jakarta..WHATTT??!! Am speechless at that time, tanpa ba bi bu lagi aku langsung telpon Ikram:

I: Haii..

L: Are you crazy?? It’s too much..!

I: Ahh..engga kok, kan aku udah pernah janji mau ajak kamu main ke Makassar lagian itu tiket promo.

(I know he was lie to me, bcz I already check the ticket price for that time)

L: But, it’s too expensive for bday gift!

I: Yaudah ya..sampai ketemu di Makassar bulan April nanti. Enjoy ur flight and the vacation

…tuuuttt..tuuuttt..tuuuut…

Nahh…begitulah awalnya sampai pada akhirnya aku berangkat juga ke Makassar bulan April lalu. Kebetulan aku take off pukul. 21:30 WIB dari Soetta, jadi aku memutuskkan untuk langsung berangkat dari kantor menuju Bandara (kekantor bawa-bawa koper booookkk..!). Dan ternyata aku tidak sendirian ke Makassar, ada 3 orang temanku yang ikut ke Makassar dan kita janjian di Kota Makassar. Oiya, waktu mau berangkat ke Bandara aku disibukan dengan beberapa kerjaan karena menyelesaikan pending matter selama aku cuti (yaa..namanya juga wanita karir sok sibuk). Sampai pada akhirnya aku berangkat dari kantor kurang lebih jam 20:30. Dan akhirnya tiba di bandara pukul 20:55 kalau tidak salah.

IMAG0486

Untungnya sudah web check-in jadinya langsung bayar airport tax dan guess what, langsung naik pesawat karena pesawatnya akan berangkat (mungkin kalau telat beberapa menit bisa-bisa ketinggalan pesawat). Dan akhirnya aku flight to Makassar. Dalam hati teriak-teriak kegirangan, Makassar I’m comiiiiiiiinggg..!!

Setelah penerbangan 2jam30menit ternyata membuat aku bosan (kebiasaan kalau sudah bosan pasti bolak balik ketoilet pesawat cuma buat ngaca!). Dan 25 April 2013 pukul. 00:30 WITA sampailah akhirnya aku di Bandara Sultan Hasanuddin. Makassar dan Jakarta memiliki perbedaam waktu 1 Jam. So, good morning Makassar..!

IMAG0487

Dan setelah kordinasi dengan Ikram, ternyata dia sudah ada di Bandara sejak 1 jam lalu. Tidak sulit menemukan Ikram diantara banyak orang di depan pintu kedatangan. Rambut gondrong kriwil-kriwil, jenggot dan kumis lebat well..that’s Ikram! Setelah berdiam diri saling menatap (cieeeee..) karena kami sudah berbeda satu sama lain, maksudnya aku sudah berhijab dan dia gondrong! hahaha..

So, inilah petualanganku di Makassar selama 4 hari di Makassar!

Baru 30 menit landed di Makassar aku sudah dibawa langsung ke Pantai Losari untuk makan malam karena aku memang belum dinner waktu itu. Makanan pertama yang aku makan di Makassar adalah nasi kuning, lohh?? Yak..nasi kuning. Nasi kuning disini berbeda dengan nasi kuning pada umumnya.

IMAG0488Well, sepertinya lidah ku tidak cocok dengan masakan Makassar karena biasanya lidah aku menikmati masakan Padang, Sunda dan Manado. Yang uniknya, disetiap tempat makan pasti ada garam dan jeruk nipis. Memang menurutku masakan Makassar tidak terlalu berani dengan garam. Dan setelah selesai makan, akhirnya aku pun menginap di tempat Ikram.  Well..he provide me best! Thanks a lot fellas! Good Morning Makassar, saya bobo dulu yah.. (03:00 WITA)

So, ini cerita di hari pertama petualangan di Makassar (Kamis, 25 April 2013)

Starting the day pukul. 06:00 WITA, aku pun bangun untuk sholat subuh dan mandi. Waktu aku bangun, keluarga Ikram sudah bangun juga. Dan akhirnya kami pun terlibat percakapan ringan di pagi hari. Semuanya hangat, I feel like am home..dan saya pun home sick di pagi hari -_-‘ (kangen amiiiii…hiikkss). Pukul.09:00 WITA aku diajak Ikram untuk main-main ke Taman Nasional Bantimutung, Maros yang mana letaknya lumayan dekat dengan rumah Ikram. Oiya, rumah Ikram itu di Maros dekat dengan Taman Nasional Bantimurung dan Taman Sejarah Leang-leang, nanti aku ceritain soal Leang-leang karena aku sempat mampir juga kesana. So, let’s go to Bantimurung!

IMAG0492

IMAG0496

IMAG0498

IMAG0496

Bantimurung itu terkenal dengan air terjunnya yang lumayan deras volume airnya. Biasanya disana anak-anak berenang, bermain air hingga berkemah (yang ini ga tau juga sih :p). Nahh, ternyata disana ada juga Goa Mimpi which is untuk mengelilingi Goa ini harus seharian! WHAAT? karena jarak tempuhnya cukup jauh menurut Ikram. Kita tidak kesana karena siangnya aku dan Ikram harus menjemput dua keponakannya dari sekolah. Aku menikmati jalan-jalan di kota Makassar yang panasnya membuat aku tidak sanggup melek! (kemana-mana pake sun glasses booookkk…!). Ini foto-foto Bantimurung, take a look..

IMAG0501

IMAG0506

IMAG0509

IMAG0511

IMAG0516

IMAG0519

IMAG0526

And, setelah menjemput keponakannya aku pun pergi makan seafood di Kota Makassar katanya sih seafood ini terkenal, yak.. Lae-lae Seafood. Dan tanpa basa basi akupun memesan makanan kesukanaanku, udaaaaanggg….!! Happy happy lunch..!

IMAG0536

IMAG0537

Keliatannya enak yah? Tapi aku lebih kangen seafood pinggir jalan dekat rumah, hehehe..

Setelah menikmati santap siang, aku pun melanjutkan jalan-jalan di seputaran Kota Makassar. Melewati Somba Opu pusat oleh-oleh khas Makassar dan kemudian berakhir di Rotterdam. Bangunan bekas peninggalan Belanda ini masih berdiri kokoh. Hawa astral memang terasa olehku waktu melihat bangunan ini dari luar. Akupun melihat beberapa bayangan orang dengan menggunakan seragam militer, tapi itu mungkin hanya halusinasi🙂

Aku pun berkeliling melihat-lihat Rotterdam dari dalam. Lumayan bersih dan terawat. I really wanna go back to Makassar🙂

IMAG0535

IMAG0552

IMAG0543

IMAG0545

IMAG0548

Perjalanan belum berakhir sampai Rotterdam. Setelah merasa lelah karena jalan-jalan, aku pun istirahat disebuah food court tepi pantai (lupa nama tempatnya) untuk menikmati satu cup yoghurt sambil menunggu sunset.

IMAG0553

Setelah capeknya hilang, ternyata kita belum sholat ashar..zzzz…lalu aku dan Ikram pun memutuskan untuk sholat di Mesjid terapung di Pantai Losari.

IMAG0539

Solat disini bikin ngantuk! Tempatnya yang dipinggir pantai dengan semilir angin yang membuat mata sayup-sayup kepingin tidur. Mesjidnya tidak begitu luas, namun mesjid ini cukup terkenal seantereo Indonesia. Setelah selesai solat, akupun jalan-jalan disekitaran pantai tak berombak ini sambil menunggu sunset. Oiya, Losari terkenal dengan sebutan pantai tak berombak karena memang tidak ada ombak dan pasirnya. Hanya anjungan dipinggir pantai. Take a look..

IMAG0541

IMAG0566

IMAG0565

IMAG0571

IMAG0562

IMAG0563-1

IMAG0573

FYI, salah satu spot untuk melihat sunset terbaik di Indonesia ya di Pantai Losari looh..guess what ini foto diambil jam berapa? Yak..jam 19:00 WITA alias jam tujuh malem (masih nyala yak mataharinya!). Dan setelah puas jalan-jalan di Kota Makassar, aku pun kembali di ajak kesebuah tempat tongkrongan Ikram dengan teman-teman bulenya (aku lupa namanya apa). Disana aku pun mencicipi cotto makassar dan aku tidak bisa makannya karena tulang semua T_T.

IMAG0574

Setelah menikmati makan malam bersama Emily, Daniel, Aya, Aku dan Ikram kami pun menikmati malam di tempat tersebut. Dan yak, satu orang kawan lama muncul bergabung bersama kita, Angga. Sambil berdiskusi membicarakan mengenai trip ke Tanjung Bira besok. WAAWWW…TANJUNG BIRAAAA..!!! CANT WAIT!!

Setelah berdiskusi panjang lebar mengenai teknis perjalanan besok, dan diputuskan bahwa 3 orang temanku akan landed di Makassar besok harinya 26 April 2013. Kitapun berencana untuk langsung menjemput mereka dari Bandara dan cuusss langsung ke Tanjung Bira. Dan akhirnya, hari pertama di Makassar berakhir pukul. 11:00 WITA. Good night Makassar, tommorow is a big day!  (00:30 WITA).

Second day at Makassar (Fri, 26 April 2013)..

Starting the day pukul.05:30 WITA, aku pun terbangun untuk solat subuh..karena masih ngantuk dan capek seharian jalan kemarin akhirnya aku memutuskan untuk tidur-tiduran dan akhirnya beneran tidur sampe jam 09:00 pagiiiii WHAAAAA…malunyaaaaaa…! hahahah

Setelah Ikram berjuang bangunin aku, akhirnya akupun bangun untuk packing karena kita akan bermalam di tanjung bira..Wohhoooo..!! Dan akhirnya setelah menjemput teman-temanku yang lain di Bandara, kami pun langsung berangkat ke Tanjung Bira dengan 2 mobil. Siapkan amunisi (meals) for this long journey. Yak, Kota Makassar – Tj. Bira ditempuh dalam waktu 6 jam saja. Ya make sense lah kenapa 6 jam, soalnya 6 kabupaten kita lewatin! Mulai dari Makassar – Gowa – Takalar – Jeneponto  – Bantaeng – Bulukumba and finally Tanjung Bira. Jadi, Tanjung Bira ini lokasinya di titik paling bawah Sulawesi Selatan (Tau kan klo pulau Sulawesi itu di peta bentuknya huruf K, nah..tanjung bira itu di paling bawahnya). Sekitar pukul. 10:00 WITA kita start dari Makassar ke Tj. Bira. Ternyata traffic jam di Makassar udah hampir mirip loh kaya di Jakarta. 2 Jam perjalanan baru sampe Takalar. Kemudian kami singgah di Takalar untuk solat jumat dan juga makan siang. Akhirnya kami pun berhenti untuk makan siang di Sop Saudara. You know, Sop Saudara itu enaaaakkk…! dan ternyata mereka memiliki cabang dimana-mana. Kenapa dinamakan sop saudara, karena mereka bersaudara (ini beneran loh..). Take a look..

IMAG0578

IMG_0320

IMG_0311

IMG_0313

Setelah kenyang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Bira..well, still long way to go. Setelah melewati Takalar, akhirnya kami memasuki kawasan Jeneponto. Jalur Jeneponto yang paling panjang bisa memakan waktu 3 jam! Daerah Jeneponto ini masih tradisional, sepanjang jalan kami melihat rumah panggung, dan mereka mata pencahariannya rata-rata petani dan tambak garam karena dikelilingi oleh laut. Dari kejauhan, terlihat gunung lombo battang yang artinya perut besar dalam bahasa Makassar. Gunung tersebut memang tinggi dan sepertinya menarik kalau kesana. Next time ya! Dan ini dia potret perjalanan sepanjang kabupaten Jeneponto.

IMAG0579

IMAG0581

IMAG0582

IMAG0586

Setelah melewati Jeneponto selama berjam-jam, akhirnya kami memasuki kawasan Bantaeng. Kabupaten ini lumayan tertata dengan rapih dan bersih. Karena pegel juga yah duduk berjam-jam dimobil, akhirnya kami pun singgah sementara di pantai yang sampe sekarang aku ga tau nama pantainya apa hahaha..ini dia pantainya..

IMAG0590

Okeeyy, setelah cukup beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Bira. Tapi kami singgah dulu di pasar bantaeng untuk membeli udang dan ikan untuk bakar-bakar disana. Harga ikan disana relatif standar dengan di Jakarta. Sayang disana aku tidak sempat mengambil gambar kondisi pasar disana. Teman Australia kami pun menjadi bahan tontonan di pasar, mungkin orang-orang disana masih awam kalo melihat bule masuk pasar dan ikut memilih ikan. Waktu itu menunjukkan pukul. 17:00 WITA kalo tidak salah. Dan masih ada satu kabupaten yang harus kita lewati, yaitu Bulukumba. Perjalanan kami masih memakan waktu kurang lebih 2 jam lagi pada saat itu. FYI, memasuki kawasan Bulukumba seperti memasuki hutan belantara yang kanan kiri pepohonan tanpa lampu! Beruntungnya cuaca sedang bagus sekali waktu itu. Dan kami pun berkesempatan untuk melihat full moon yang indah menuju Tanjung Bira..Vooallaa..!

_DSC0008

Bulukumba memang masih ‘perawan’ daerahnya. Sayang waktu kita datang itu malam hari, jadinya tidak bisa melihat apa-apa selain mendengar deburan ombak. Dan yak, finally we’re arrived! waktu menunjukkan pukul. 19:15 WITA. Akhirnya kami pun bergegas untuk mencari penginapan dan akhirnya kami menginap di cottage yang lumayan bagus, berbentuk rumah panggung dan ac. Karena ini waktunya makan malam, kami pun langsung berbakar ria and you know what..karena kami membakar arangnya pake bensin alhasil semua ikan dan udangnya rasa bensin -______-‘ here we go..this is our cottage..

IMAG0612

IMAG0593

IMAG0596

IMAG0595

Setelah kenyang, kami pun bermain ke pantai tanjung bira. Pertama kali menginjakan kaki di pasirnya. Well, I know tempat ini sudah taraf International. Kenapa? karena pertama, ketika memasuki tanjung bira aku merasa berada di hawaii karena isinya orang asing alias bule (it’s so serious). Kedua, resort or cottage bagus bertebaran disepanjang pantai tanjung bira. Ketiga, blue lagoon dengan spot snorkeling yang bagus menjadi tanjung bira layak masuk kedalam jajaran tempat snorkeling terbaik tingkat dunia. Dan yang keempat, pasirnya itu selembut susu bubuk! percaya atau tidak..you have to believe me! Oiya, kami pun melihat bintang jatuh dipinggir Pantai Tanjung Bira, aseli..romantis banget!

IMAG0601

IMAG0602

Dan setelah melewati perjalanan panjang, makan udang rasa bensin serta bermain kembang api dan juga bermain dipantai..kami pun lelah. Pukul. 12:00 kami pun tertidur.

Third day at Makassar (Sat, 27 April 2013)…

Good Morning Tanjung Bira! It’s about 05:58 WITA here..

IMAG0604

Deburan ombak membangunkan aku and you know..it’s so peacefull and romantic! I wish I’ll go there with my partner just for spend the time with hugging each other and enjoy the moment at Tanjung Bira…well..well..well…🙂

Setelah menikmati pagi di Tanjung Bira, akhirnya kami memutuskan untuk Snorkeling ke pulau Liukang dan pulau Kambing di sebrang sana. Pukul. 10:00 WITA kami pun langsung menaiki boat yang akan membawa kami ke spot snorkeling terbaik di tanjung bira..just enjoy the pict ya..

IMAG0613

IMAG0621

IMAG0625

IMAG0641

IMAG0644

IMAG0635

IMAG0632Everyone was having fun at that time. I really wanna go back to Tanjung Bira bcz this I posting my story here. Make me flashback and miss Makassar trip! Actually, masih ada satu hari lagi yang akan aku ceritain. Last day on Makassar, dimana aku balik dari tanjung bira dan sebelum take off balik ke Jakarta aku main-main ke Leang-leang yang sempat aku mention sebelumnya dan belanja oleh-oleh di Somba Opu. Nanti aku posting deh foto-fotonya. Trip di Makassar benar-benar trip! aku ga dikasih waktu untuk istirahat sedikitpun sama tuan ruam, dibawa jalan-jalan teruuuuusss..hehe but it was fun!

Oke, that was my story at Makassar..next up, aku akan posting cerita aku di Bali. See yaa..!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s